Bingung Memilih Yang Mana? Ketahui Dulu 3 Bedanya
Categories:

Bingung Memilih Yang Mana? Ketahui Dulu 3 Bedanya

Avatar image of
Posted by admin

Bingung harus memilih apa? Ketahui 3 perbedaan antara investasi dan perdagangan

Bingung Memilih Yang Mana? Ketahui Dulu 3 Bedanya

definisi perdagangan

Trading adalah kegiatan transaksi keuangan dalam bentuk mata uang untuk menghasilkan keuntungan dengan memaksimalkan pembacaan pergerakan pasar. Secara umum, perdagangan melibatkan pembelian dan penjualan barang atau jasa. Artinya, pembeli membayar ganti rugi kepada penjual ketika terjadi pertukaran barang atau jasa antara para pihak.

Trading bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dengan menjual aset. Oleh karena itu, diperlukan kehati-hatian dalam memprediksi dan memantau harga dari waktu ke waktu. Jadi, trading adalah kegiatan perdagangan yang diperjualbelikan dalam bentuk mata uang di pasar keuangan dalam waktu yang relatif singkat.

Jenis perdagangan dapat mencakup: perdagangan saham, perdagangan valas, dan perdagangan komoditas. Dalam perdagangan saham, para pedagang melakukan aktivitas jual beli dengan melihat fluktuasi harga saham yang dijual oleh perusahaan kepada masyarakat. Penting untuk mengetahui kapan pedagang dapat menjual dan membeli saham perusahaan.

Perdagangan valas adalah jenis perdagangan yang melibatkan penjualan mata uang suatu negara dengan terus melibatkan pasar valuta asing utama. Perlu diketahui bahwa bandar yang bermain tidak hanya perorangan tetapi juga pihak institusional atau non institusional.
Baca Juga: Indikator Trading Paling Akurat Yang Harus Diketahui Pemula

Terakhir, perdagangan komoditas. Tipe ini adalah perusahaan yang menjual atau membeli sumber daya alam dengan mengimbangi risiko di masa depan. Jenis perdagangan ini terutama dilakukan oleh perusahaan minyak atau logam mulia seperti emas yang dapat diperdagangkan secara online tidak hanya secara fisik seperti pada umumnya.

Oleh karena itu, aktivitas perdagangan hanya bertujuan untuk menjual dan membeli aset atau saham dalam waktu singkat dengan mengamati pergerakan pasar. Hal ini berbeda dengan investasi dimana waktu yang dibutuhkan relatif lebih lama. Itu bukan satu-satunya perbedaan antara investasi dan perdagangan. Terus? Baca pernyataannya.
Perbedaan antara investasi dan perdagangan

Menurut definisi, investasi adalah tindakan investor yang menginvestasikan dananya dalam rangka mengakumulasikan aset dan memperoleh keuntungan yang besar di masa yang akan datang. Selama perdagangan, seorang pedagang menginvestasikan dana dengan membaca perubahan harga aset.

Dari penjelasan rentang waktunya, kita sudah paham bahwa jika memang ingin cepat untung, apalagi bagi yang masih pemula, cobalah terjun ke dunia trading. Tentu saja perlu juga memahami arah pergerakan harga pasar. Dengan begitu, upaya memanen pundi-pundi rupiah menjadi lebih mudah dan kerugian bisa dihindari.

Penggunaan yang dimaksudkan

Meski sama-sama memiliki kesamaan dalam menambang keuntungan dalam dunia pasar keuangan, namun terdapat perbedaan tujuan yang dihasilkan dari rentang waktu penggunaannya. Berinvestasi menciptakan keuntungan atau kekayaan dengan membeli harga suatu aset atau saham dan menahannya untuk jangka waktu yang relatif lama. Jangka waktu ini bisa beberapa tahun atau dekade.

Sedangkan dari sisi tujuan trading, mereka lebih cenderung mencari keuntungan dalam waktu yang relatif singkat dengan cara membeli dan menjual saham. Lamanya waktu juga bisa per menit atau per jam atau harian tergantung pada fluktuasi harga aset atau saham di pasar. Oleh karena itu, Anda harus pandai mengatur waktu jual beli saham.
Baca Juga: Langkah Termudah Menghitung Nilai Intrinsik Saham Dengan Cepat

Selanjutnya ada aspek penambahan fasilitas dimana investasi mendapatkan fasilitas tambahan seperti deviden, bonus, stock split, dan lain-lain sedangkan trading tidak mendapatkan fasilitas tersebut karena hanya berlaku untuk jangka pendek meskipun memiliki saham.
Arti waktu yang berbeda

Perbedaan mendasar antara investasi dan perdagangan adalah lamanya waktu. Berinvestasi sangat cocok bagi Anda yang ingin mendapatkan keuntungan dan mengakumulasikannya dalam jangka panjang. Hal ini sangat baik untuk keturunan yang dapat diwarisi di kemudian hari, sehingga nilai dan harga investasi dapat meningkat.

Sedangkan trading tidak memakan waktu lama, seperti per menit, per jam, per hari atau per minggu, yang tentunya menyesuaikan harga aset atau saham untuk mendapatkan keuntungan. Oleh karena itu, dibutuhkan timing untuk menentukan kapan harus membeli dan menjual saham dengan melihat pergerakan eksplosif aset atau harga saham.

Sumber :