Tips-Merawat-Bulu-Kucing-Agar-Tidak-Rontok
Categories:

Tips Merawat Bulu Kucing Agar Tidak Rontok

Avatar image of
Posted by admin

Salah satu keindahan kucing terletak pada bulunya.

Apa pun jenis kucing Anda, jika Anda merawat bulunya dengan benar, ia pasti akan terlihat menakjubkan.

Sayangnya, tidak semua orang memahami hal itu. Padahal, banyak orang yang menyepelekan rambut rontok kucing.

Tips-Merawat-Bulu-Kucing-Agar-Tidak-Rontok

 

Berikut Ini Telah Kami Kumpulkan Yang Bersumber Dari Laman kucing indonesia Yang Akhirnya Saya Tuliskan Disini.

 

Padahal rambut rontok merupakan masalah yang cukup besar bagi kucing terutama kucing dengan bulu tebal seperti kucing persia dan angora.

Bagaimana Cara Menghilangkan Rambut Rontok pada Kucing?

Rambut rontok pada kucing sangat mengganggu. Efeknya tidak hanya memengaruhi kucing itu sendiri, tetapi juga pemiliknya.

Jadi, Anda harus segera menyelesaikannya. Berikut beberapa tips yang harus dilakukan jika kucing Anda mengalami kerontokan rambut:

1. Ganti produk untuk kucing

Ada banyak produk yang berhubungan dengan kucing seperti makanan, minuman, sampo, dll. Semua produk ini harus kompatibel.

Jika tidak, alih-alih membuatnya sehat dan cantik, kucing malah bisa menimbulkan masalah, termasuk rambut rontok. Jika Anda mendapati kucing kesayangan Anda mulai rontok, produk yang ditunjukkan mungkin tidak cocok.

Anda perlu segera menggantinya dan mencari produk lain yang sesuai. Untuk mengetahui produk mana yang terbaik untuk Anda, konsultasikan dengan ahlinya seperti dokter hewan. Jangan ragu lagi agar rambut rontok tidak bertambah parah.

2. Mandikan kucing

Apakah kucing Anda sudah dimandikan secara teratur? Bagi sebagian besar masyarakat, kesadaran memandikan kucing masih sangat rendah.

Padahal, memandikan kucing adalah salah satu cara terbaik dan efektif untuk mencegah kerontokan bulu kucing. Dalam hal ini, memandikan kucing juga dapat menghentikan kerontokan rambut.

Pastikan untuk memandikan kucing peliharaan Anda secara teratur dan benar juga.

Selain mengatasi rambut rontok, memandikan kucing juga sangat efektif membasmi bakteri, jamur, tungau, dan parasit yang dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan kucing.

Mulai sekarang biasakan memandikan kucing secara rutin selama satu atau dua minggu.

3. Berikan vitamin

Kucing juga membutuhkan makanan setiap hari. Untuk itu, Anda perlu memastikan kebutuhan nutrisi kucing kesayangan Anda selalu terpenuhi. Ini sangat penting untuk kesehatannya.

Tapi ingat, jangan pernah memberi terlalu banyak vitamin. Jadi berikan saja vitamin yang cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi Anda.

Doping pada kucing juga sangat dilarang karena akan sangat berbahaya bagi kesehatan di kemudian hari. Untuk kebutuhan vitamin yang tepat, sebaiknya juga berkonsultasi dengan dokter hewan atau ahlinya.

4. Sisir bulu kucing

Jika jarang disisir atau tidak sama sekali, kemungkinan besar hewan peliharaan Anda mengalami kerontokan bulu kucing. Sayangnya, masih banyak orang yang belum mengetahui manfaat menyisir bulu kucing.

Ada banyak manfaat dari rutinitas ini. Pertama, menyisir bulu kucing dapat menghilangkan kutu dan tungau jika Anda menggunakan sisir khusus.

Selain itu, menyisir bulu kucing juga sangat bermanfaat untuk memulai metabolisme dalam tubuh kucing yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Ini seperti pijatan. Terakhir, menyisir bulu kucing juga menciptakan ikatan emosional yang lebih erat antara Anda dan kucing kesayangan Anda. Jadi kalian berdua akan lebih dekat juga.

5. Berikan obat rambut rontok kucing

Langkah terakhir adalah memberinya obat untuk rambut rontok kucing. Ini adalah upaya terakhir dan dilakukan bila rambut rontok sudah parah.

Obat seperti ini banyak tersedia di toko hewan peliharaan. Pastikan Anda memberikan obat ini sesuai aturan. Atau jika Anda bingung harus memilih yang mana, lebih baik berkonsultasi dengan dokter hewan terlebih dahulu.

Yang jelas, obat ini sangat baik dalam menghilangkan masalah rambut rontok kucing.

Berikut beberapa cara mengatasi rambut rontok kucing. Tapi ingat, ada kalanya kucing mengalami kerontokan rambut dan itu wajar terjadi karena itu adalah waktu dalam setahun.

 

 

  Lihat Juga : nama kucing betina