Cara-Melacak-iPhone-Hilang-Dengan-IMEI
Categories:

Cara Melacak iPhone Hilang Dengan IMEI

Avatar image of
Posted by admin

Cara Melacak iPhone Hilang Dengan IMEI

Bisakah kamu?

Melacak iPhone yang hilang menggunakan IMEI sangat sulit bagi orang biasa. Jauh lebih mudah jika kami menggunakan teknik pelacakan sederhana seperti Find My iPhone atau Gmail.

Cara-Melacak-iPhone-Hilang-Dengan-IMEI

Tetapi karena saya juga penasaran, saya akhirnya mengetahuinya dengan membaca banyak situs web yang membahas masalah ini. Dalam posting ini, saya akan membagikan secara singkat apa yang dapat saya lakukan.

Sebelum kita melangkah lebih jauh tentang pelacakan melalui IMEI, mari kita bahas dulu apa itu IMEI? Apa hubungan IMEI dengan lokasi iPhone? Bisakah kita benar-benar melacak iPhone yang hilang menggunakan nomor IMEI?

Apa itu IMEI?

IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity. IMEI adalah rangkaian angka unik yang digunakan untuk mengidentifikasi model ponsel, tahun rilis dan data teknis.

Setiap ponsel memiliki nomor IMEI yang berbeda, termasuk iPhone, dan nomor IMEI itu tetap. Berbeda dengan nomor ponsel yang dapat diubah, IMEI bersifat permanen. Bahkan jika kami mengganti kartu SIM atau melakukan reset pabrik, nomor IMEI di iPhone tidak akan berubah.

IMEI umumnya terdiri dari 15 digit. Misalnya, IMEI di iPhone adalah sebagai berikut:

2108008666718
5417512514439

Sangat mudah untuk melihat nomor IMEI di iPhone

Pengaturan> Umum> Tentang> Seret ke bawah hingga Anda menemukan nomor IMEI.
Apa fungsi IMEI pada iPhone?

Pada dasarnya fungsi utama dari IMEI adalah untuk memberikan identitas yang unik pada iPhone sehingga setiap iPhone pasti memiliki nomor IMEI yang berbeda.

Mungkin bisa kita ambil contoh selanjutnya yaitu NIK (Nomor Induk Kependudukan) pada KTP kita. Rangkaian angka ini harus unik dan tidak akan ada duplikat. Itulah keunikan nomor IMEI. Hanya saja nomor IMEI memiliki informasi yang lebih banyak daripada nomor NIK.

IMEI memberikan informasi tentang model, tahun rilis dan spesifikasi teknis ponsel. Kami dapat menggunakan layanan verifikasi IMEI untuk mendapatkan informasi ini.

Mari kita coba,

Salin IMEI berikut: 356938035643809

Kemudian buka web: https://www.imei.info

Tempel IMEI di web, lalu klik PERIKSA. Jangan lupa untuk menjawab babnya dulu.

Informasi rinci tentang model ponsel, tanggal rilis, dan spesifikasi akan dipublikasikan nanti.

Kami juga dapat menggunakan IMEI di iPhone untuk memverifikasi keaslian iPhone.

Anda melakukan ini dengan membuka halaman:

https://checkcoverage.apple.com

Kemudian salin dan tempel nomor IMEI iPhone Anda di sana. Jika iPhone Anda asli, ini menunjukkan tanggal pembelian yang valid, dukungan teknis melalui telepon, serta perbaikan dan servis. Artinya IMEI iPhone kami valid dan telah terdaftar di server Apple.
Fungsi IMEI dalam pelacakan

Operator seluler adalah salah satu pihak yang menggunakan IMEI untuk mengidentifikasi perangkat. Operator seluler dapat memblokir iPhone dari jaringan mereka berdasarkan nomor IMEI ini.

Jika perlu, operator seluler juga dapat melacak lokasi iPhone menggunakan IMEI untuk mengidentifikasi perangkat secara akurat.

Perhatikan kalimat yang saya kental di atas. Inilah peran IMEI dalam melacak ponsel yang hilang.

IMEI hanya digunakan untuk mengidentifikasi perangkat, bukan untuk menentukan lokasinya. Pasalnya di dalam IMEI sendiri tidak ada informasi sama sekali tentang keberadaan perangkat tersebut.
Cara Melacak iPhone dengan IMEI

Melacak iPhone dengan IMEI

tidak semudah menggunakan aplikasi pelacakan seperti Find My iPhone atau iHound.

Salah satu teknik untuk melacak iPhone menggunakan nomor IMEI yang cukup akurat adalah dengan menggunakan triangulasi BTS. Ini disebut triangulasi karena pelacakan lokasi iPhone membutuhkan 3 menara BTS yang terhubung ke iPhone secara bersamaan.

BTS adalah singkatan dari Base Transceiver Station, kita lebih mengenalnya sebagai menara sinyal. Fungsi BTS adalah untuk menghubungkan iPhone kita ke operator seluler. Biasanya BTS dicat merah dan putih.

Sebelum lokasi pasti iPhone dapat dilacak, pelacak membutuhkan data rahasia seperti IMEI, LAC dan CID, yang membantu dalam mengidentifikasi perangkat dan menentukan area pencarian. Oleh karena itu, pelacakan tidak hanya dapat dilakukan dengan IMEI.

Setiap kali terhubung ke BTS, iPhone mengirimkan data sensitif seperti LAC dan CID. Untuk mendapatkan data ini kita perlu memiliki akses ke BTS. Namun, karena data ini bersifat rahasia, operator jaringan seluler tidak meneruskannya kepada pihak ketiga.

Setelah Anda menerima data, file

 

Lihat Juga :

https://www.mobifrance.com/

https://bootb.com/