Cara-membuat-bibliografi-di-Word-secara-otomatis
Categories:

Cara membuat bibliografi di Word secara otomatis

Avatar image of
Posted by admin
Rate this post

– Cara membuat daftar pustaka di Word penting untuk diketahui, terutama bagi anda yang sudah terjun ke dunia perkuliahan. Membuat daftar pustaka merupakan salah satu bagian terpenting dalam karya ilmiah seperti skripsi dan tesis. Bibliografi berisi informasi referensi yang dikutip dalam makalah akademik yang telah Anda hasilkan.

Isi daftar pustaka terdiri dari nama penulis, tahun penulisan, judul penulisan, tempat penerbitan, dan identitas editor. Membuat daftar pustaka merupakan bagian yang sulit dalam penulisan makalah akademik karena harus sesuai dengan format yang berlaku.

Cara membuat bibliografi di Word secara otomatis

Cara-membuat-bibliografi-di-Word-secara-otomatis

Baca juga:
– Cara membuat daftar isi otomatis di Word, Anti Repot
– Cara membuat tanda tangan di Word, ada triknya!
– Cara membuat tabel dan daftar gambar secara otomatis di Word
– Cara membuat bibliografi otomatis di Microsoft Word

Bagaimanapun, ini sering diabaikan oleh penulis. Ternyata membuat bibliografi di Word bisa dilakukan secara otomatis, jadi lebih mudah dan nyaman.

Microsoft Word menyediakan fitur-fitur yang berguna untuk membantu pengguna dalam menulis makalah/makalah. Untuk membuat bibliografi sendiri secara otomatis, kita bisa memilih menu “References” pada menu bar/toolbar yang muncul di aplikasi.

 

Cara membuat daftar pustaka di Word

Buka aplikasi Microsoft Word, lalu cari menu Referensi.
Sekali lagi pilih menu Insert Citation pada toolbar Citation and Bibliography.
Klik menu Tambah Sumber Baru.
Cara membuat bibliografi di Word akan muncul kotak dialog yang meminta Anda untuk memasukkan identitas buku/sumber dan klik OK
Untuk membuat bibliografi di Word, maka pilih menu Bibliografi dan pilih menu Sisipkan Bibliografi. Identitas buku yang dimasukkan sebelumnya akan muncul dengan sendirinya menggunakan menu referensi. Anda hanya perlu menuliskan identitas buku seperti judul, nama pengarang, tahun terbit dan lain-lain di kolom khusus.
Cara Membuat Daftar Pustaka di Word Kemudian Anda bisa memilih format atau “style” apa yang ingin Anda gunakan saat menulis daftar pustaka. Setelah itu bibliografi secara otomatis membentuk pola sesuai format.

Didukung oleh GliaStudio
Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)
Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)

Cara membuat daftar pustaka yang benar

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan daftar pustaka, yaitu;

Daftar pustaka disusun menurut abjad nama belakang penulis.
Referensi yang memiliki penulis yang sama diurutkan berdasarkan tanggal publikasi paling awal.

Beberapa hal yang perlu dicantumkan dalam daftar pustaka: nama penulis, tahun terbit/terbit, judul buku atau karya akademik, tempat terbit dan nama editor.

Tulis sumber kutipan

Berdasarkan caranya, mengutip sumber tertulis dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

1. Cara menulis kutipan langsung

Kutipan langsung adalah kutipan teks dari sumber referensi tanpa mengubah kalimat penulis. Sederhananya, kutipan langsung menggunakan teknik penulisan copy-paste.

Menurut peraturan American Psychological Association atau APA, kutipan langsung ada dua jenis yaitu kutipan langsung pendek dan kutipan langsung panjang.

Kutipan langsung singkat berarti mengutip artikel yang tidak lebih dari 40 kata. Untuk menulis kutipan langsung pendek, tulislah dalam satu paragraf dengan tulisan Anda dan disertai dengan tanda kutip.

Hal ini untuk membedakan antara tulisan Anda dengan kutipan dari orang lain. Tulis sumber di dekat kutipan yang Anda tulis.

Kutipan langsung panjang adalah kutipan yang lebih panjang dari 40 kata, atau biasa disebut kutipan blok. Anda menulis kutipan langsung dengan membuat paragraf baru dengan kalimat sedikit menjorok ke kanan tanpa tanda kutip, namun tetap menggunakan font yang sama seperti saat menulis. Ini untuk membedakan kitab mana yang Anda kutip dari mana kitab Anda sendiri.

Ingatlah bahwa mengutip sebuah artikel tidak hanya untuk mendukung ide tulisan Anda, tetapi juga dapat digunakan untuk menunjukkan bahwa ada penulis yang tidak setuju dengan ide Anda atau memiliki pandangan yang berbeda dengan ide Anda.

Contoh Zi langsung

Baca Juga :

https://bursakamera.co.id
https://disparbudtanggamus.id
https://gadgetplus.id
https://eproposal.id
https://bprsmh-bandung.co.id
https://ligo.co.id
https://fraksipks-kabbogor.id