Fungsi Lower Arm dan Ciri Kerusakan pada Mobil
Categories:

Fungsi Lower Arm dan Ciri Kerusakan pada Mobil

Avatar image of
Posted by admin

Ketahui fungsi lengan bawah dan ciri-ciri kerusakannya

Fungsi Lower Arm dan Ciri Kerusakan pada Mobil

Meski modelnya beragam, komponen ini merupakan bagian terpenting dalam suspensi mobil agar mobil lebih nyaman dan mudah dikendalikan saat dikendarai. Karena komponen ini sangat penting dalam sistem suspensi, ada baiknya jika Anda memiliki sedikit pengetahuan tentang fungsi lengan bawah ini.
Viral: Lamborghini Countach, seri supercar klasik tahun 70-an
1. Pastikan roda berputar berdampingan

Fungsi lengan bawah adalah untuk memastikan roda mobil dapat berputar dan bergerak seirama dengan sudut kemudi yang sesuai antara roda kanan dan kiri mobil. Dimana pada posisi near-wheel end, komponen penahan steering knuckle ini terhubung dengan ball joint, sehingga memungkinkan roda dapat berputar dan bergerak bebas menuju roda kemudi.
2. Periksa pergerakan roda

Lengan bawah juga berfungsi sebagai pengontrol gerakan roda. Saat kendaraan dikemudikan di jalan, roda mobil secara otomatis akan bergerak naik, turun, maju dan mundur sesuai dengan gerakan mengemudi dan kondisi jalan. Nah, pergerakan ini dibatasi oleh komponen ini sehingga tidak terasa berlebihan. Selain itu, lower link juga merupakan komponen yang terhubung dengan shock absorber, sehingga efek redaman akibat benturan saat berkendara langsung terjadi pada komponen ini. Sehingga roda tetap tertahan pada posisi sudut kemiringan dan pengendara merasa nyaman.
3. Dukungan Pergelangan Kaki

Fungsi utama lengan bawah sebenarnya untuk menopang pergelangan kaki. Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, jika buku jari kemudi adalah komponen tempat roda dipasang, maka rem dan hub juga demikian. Lengan bawah kemudian menopang buku jari kemudi, roda, dan perangkat pengereman melalui sambungan bola yang terhubung ke bagian bawah buku jari kemudi, memungkinkan mereka untuk bergerak bebas tanpa terikat.
Fitur kerusakan lengan bawah pada mobil
Foto: jukeforums.com

Viral: Land Range Rover Evoque Trace Indonesia, Berapa Harganya?

Karena komponen lower link dimaksudkan untuk memastikan roda mobil bergerak seirama dengan gerakan kemudi, maka tidak heran jika komponen yang satu ini juga akan mengalami kerusakan. Dengan lower link yang rusak maka roda kemudi akan terasa berat karena lower link tidak bekerja secara maksimal, sehingga membelokkan mobil ke kanan akan terasa seperti roda kemudi ditarik ke kiri dan sebaliknya.

Selain ciri-ciri kerusakan yang disebutkan di atas, Anda juga bisa merasakan tanda-tanda awal kerusakan lengan bawah, yaitu rem terasa tersentak-sentak saat mengayuh atau biasanya ada suara keras saat berjalan di permukaan yang tidak rata. Mobil terasa seperti ditarik ke samping ketika pedal akselerator ditekan untuk berhenti setelah beberapa saat. Kondisi ini tentunya akan membuat pengalaman berkendara Anda menjadi kurang nyaman dan aman.

Karena fungsi link bawah sangat penting untuk kenyamanan berkendara kendaraan, Anda disarankan untuk selalu menangani link bawah kendaraan ini dengan hati-hati dan memeriksa kondisinya. Jika Anda merasa telah memperhatikan tanda-tanda kerusakan di atas saat berkendara, disarankan untuk segera pergi ke bengkel resmi terdekat untuk diperiksa dan diperbaiki.

Sumber :