DASAR PENDIDIKAN
Categories:

DASAR PENDIDIKAN

DASAR PENDIDIKAN

DASAR PENDIDIKAN

Pendidikan sebagai upaya sadar sistematis dan sistemik selalu menyimpang dari sejumlah yayasan dan mengalihkan prinsip-prinsip tertentu. Dasar-dasar dan prinsip-prinsip ini sangat penting karena pendidikan adalah pilar utama untuk pengembangan masyarakat dan masyarakat nasional tertentu. Beberapa dari yayasan pendidikan ini adalah yayasan filosofis, sosiologis dan budaya yang memainkan peran penting dalam menentukan tujuan pendidikan. Selain itu, dasar ilmiah dan teknologi akan mendorong pendidikan untuk mengambil masa depan.
1. Dasar filosofis
Sebuah. Memahami dasar filosofis
Dasar filosofis muncul dari pandangan dalam filsafat pendidikan yang berhubungan dengan kepercayaan pada sifat manusia, kepercayaan pada sumber nilai, sifat pengetahuan dan kehidupan yang lebih baik. Sekolah-sekolah filosofis yang kita kenal sekarang adalah idealisme, realisme, perenialisme, esensialisme, pragmatisme dan progresivisme, dan perluasan
a) Esensialisme
Esensialisme adalah masyarakat pendidikan yang memprioritaskan pelajaran teori (humaniora) atau bahan pengajaran penting.
b) Abadi
Perenialisme adalah aliran pendidikan yang mengutamakan bahan ajar yang konstan (perenial), yaitu kebenaran, keindahan, cinta untuk kebaikan universal.
c) Pragmatisme dan progresif
Pragmatisme adalah aliran filosofis yang melihat segala sesuatu dari nilai kegunaan praktis. Di bidang pendidikan, genre ini menciptakan progresivisme yang menentang pendidikan tradisional.
d) rekonstruksi
Rekonstruksi adalah sekolah filsafat pendidikan yang digunakan sekolah / lembaga pendidikan sebagai pelopor dalam mengubah masyarakat.
b. Pancasila sebagai dasar filosofis sistem pendidikan nasional
Pasal 2 UU RI No. 2 tahun 1989 menyatakan bahwa pendidikan nasional didasarkan pada Pancasila dan UUD 1945, sedangkan Keputusan RI-MPR No. II / MPR / 1978 tentang P4 juga menekankan bahwa Pancasila adalah jiwa dari semua orang di Indonesia, kepribadian bangsa Indonesia, cara hidup bangsa Indonesia dan fondasi negara Indonesia.
2. Dasar sosiologis
Sebuah. Memahami dasar sosiologis
Basis sosiologis terkait dengan pengembangan, kebutuhan dan karakteristik masyarakat. Sosiologi pendidikan adalah analisis ilmiah dari proses sosial dan pola interaksi sosial dalam sistem pendidikan. Ruang lingkup diperiksa oleh sosiologi pendidikan terdiri dari empat bidang:
1. Hubungan sistem pendidikan dengan aspek lain dari masyarakat.
2. Hubungan manusia.
3. Dampak sekolah pada perilaku anggotanya.
4. Sekolah di masyarakat yang meneliti pola interaksi antara
Sekolah dengan kelompok sosial lain di komunitas.

 

baca juga :