Deskripsi-paragraf-fitur-jenis-struktur-langkah-contoh
Categories:

Deskripsi paragraf: fitur, jenis, struktur, langkah, contoh

Avatar image of
Posted by admin

Definisi paragraf deskripsi paragraph
Baca cepat Buka

Paragraf deskriptif adalah jenis karangan yang menggambarkan suatu objek menurut keadaan yang sebenarnya sehingga pembaca dapat melihat, mendengar, merasakan, dan secara imajinatif mencium apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dicium oleh penulis tentang objek yang dimaksud. Kata deskripsi berasal dari bahasa latin descriptionre yang berarti “menulis tentang sesuatu” atau “mengungkapkan sesuatu”. Kata deskripsi dapat diterjemahkan menjadi “deskripsi”, yang berasal dari kata peri-merekan, yang berarti “mendeskripsikan sesuatu”. Deskripsi atau deskripsi adalah suatu bentuk tulisan yang mengacu pada upaya penulis untuk memberikan rincian objek yang sedang dibahas; deskripsi tertulis tidak boleh mencantumkan pendapat penulis (Wibowo, 2010).

Deskripsi-paragraf-fitur-jenis-struktur-langkah-contoh

Saat menulis deskripsi, penulis mencoba mentransfer kesannya

, mentransfer hasil pengamatan dan perasaannya kepada pembaca. Untuk melakukan ini, ia menyampaikan keadaan dan semua detail yang dapat ditemukannya di objek apa adanya. Karangan ini berisi uraian tentang suatu hal atau situasi sehingga pembaca seolah-olah melihat, mendengar, atau merasakannya sendiri. Paragraf deskriptif adalah paragraf yang menggambarkan sesuatu secara jelas dan rinci. Tujuannya agar pembaca dapat menciptakan imajinasi, kesan atau pengaruh, seolah-olah ia telah melihat, mendengar, dan mencium objek tersebut secara langsung dari pengarangnya. Di sisi lain, ada juga deskripsi yang tidak membangkitkan imajinasi pembaca. Misalnya lukisan tentang bagian-bagian mesin.
Fitur deskripsi paragraf

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri paragraf deskriptif:

Menggambarkan suatu objek, mis. B. tempat atau keadaan tertentu
Sertakan fungsi panca indera dalam proses deskripsi
Mempertimbangkan sifat bahan dan sifat benda, seperti warna, skala, bagian, dan sifat spesifik
Simpan banyak kata perilaku
Dijelaskan secara rinci
Saat membaca, pendengar seolah-olah dapat melihat secara terbuka objek yang sedang dibahas

Baca lebih lanjut: Definisi Default

Jenis-jenis deskripsi paragraf

Berikut adalah 3 jenis paragraf deskriptif, yaitu sebagai berikut:
1. Paragraf deskripsi spasial

Paragraf deskripsi spasial adalah paragraf deskriptif yang menggambarkan suatu bidang atau posisi. Objek berupa bidang atau lokasi dideskripsikan secara proporsional sesuai dengan sifat khususnya sehingga pendengar dapat dengan mudah membayangkannya.

Contoh paragraf deskripsi spasial

Lapangan berukuran 7m x 7m tidak terlihat bagus untuk diduduki. Tidak ada dinding, hanya anyaman bambu yang mampu menahan angin yang menembus tulang. Tidak ada sekat, hanya ada satu kasur di pojok depan. Menemukan kompor dan peralatan masak lainnya di sudut belakang dekat pintu kamar mandi. Lemari pakaian yang tidak lagi stabil terjepit di dinding dan penuh dengan pakaian. Sejadah, Mukena, dan Al-Quran diletakkan berjajar di atas lemari. Karpet tersebar di sekitar kasur dengan meja kecil di samping kasur. Buku-buku tertata rapi di atas meja. Tempat tinggal ayah dosen dan ibu dosen menunjukkan kesederhanaan dalam hidupnya.

2. Paragraf deskripsi subjektif

 

Paragraf deskriptif subjektif adalah paragraf deskriptif yang disusun menurut ideologi pengarang. Semua keadaan yang disebutkan dalam paragraf dipengaruhi oleh pendapat pribadi penulis. Terlepas dari pengaruh sudut pandang penulis, paragraf diedit agar audiens dapat melihat apa yang dikatakan penulis.

Contoh paragraf deskripsi subjektif

Pak Dosen adalah dosen paling tegas di kampus saya. Ia juga seorang dosen yang sangat pemalu terhadap hampir semua mahasiswa di kampus. Ia memimpin kursus bahasa Indonesia. Ini memiliki ukuran kira-kira. 170 cm dan berat sekitar. 65kg. Dosen memiliki kulit coklat dan rambut hitam keriting. Ke mana pun dia pergi, dia sering membawa buku di tangan kanannya. Dia sering dengan sabar memimpin kursus bahasa Indonesia sampai semua orang mengerti. Keadaan ini dibuktikan dengan nilai ulangan bahasa Indonesia pada umumnya berada di urutan pertama di kampus saya di tingkat kabupaten.
Baca lebih lanjut: Memahami neraca pajak

3. Paragraf Deskripsi Objektif

Paragraf deskriptif objektif adalah paragraf deskriptif yang memvisualisasikan keadaan suatu objek yang benar-benar sesuai dengan keadaan yang sebenarnya tanpa dipengaruhi oleh sudut pandang pengarang.
Deskripsi Struktur teks

Seperti teks lainnya, teks deskriptif memiliki struktur untuk melengkapi isi teks. Struktur teks deskriptif adalah struktur teks, yang meliputi:

Lihat Juga :

https://www.jpnn.com/news/mengenal-winning-eleven-gim-olahraga-paling-populer
https://www.wartaekonomi.co.id/read349487/bosan-main-game-itu-itu-aja-cobain-nih-mini-militia-god-mod-apk-unlimited-nitro-dan-ammo-2021
https://www.beritasatu.com/nasional/123845/ini-contoh-teks-prosedural-protokol-sederhana-kompleks
https://www.suara.com/bisnis/2021/07/08/092216/pentingnya-mengenal-dan-mempelajari-jenis-teks-prosedur
https://www.tabloidbintang.com/film-tv-musik/kabar/read/161461/keunggulan-dan-kurangnya-wa-web-sebagai-fitur-whatsapp
https://ayobandung.com/read/2021/07/08/250265/tahapan-mudah-penggunaan-wa-web
https://www.solopos.com/pengertian-teks-eksplanasi-adalah-ciri-struktur-kaidah-contoh-1137977
https://www.gamegim.com/
https://majalahkartini.co.id/
https://1news.id/
https://kebangkitan-nasional.or.id/