KARAKTERISTIK ILMU PENGETAHUAN
Categories:

KARAKTERISTIK ILMU PENGETAHUAN

KARAKTERISTIK ILMU PENGETAHUAN

KARAKTERISTIK ILMU PENGETAHUAN
Ilmu pendidikan, termasuk ilmu empiris yang berasal dari pengalaman pendidikan, kemudian secara teoritis diatur untuk penggunaan praktis. Dengan menempatkan posisi pendidikan dalam klasifikasi sains, pendidikan juga dapat digambarkan sebagai sains yang membahas masalah yang berkaitan dengan pendidikan. Karena setiap ilmu memiliki karakteristik dan pendidikannya sendiri.
Sifat pendidikan adalah ilmu pendidikan sebagai ilmu normatif dan pendidikan sebagai ilmu teori dan praktis:
Pendidikan sebagai ilmu normatif
Ilmu pendidikan selalu berurusan dengan pertanyaan tentang siapa “manusia” itu. Diskusi tentang siapa manusia biasanya melibatkan bidang filsafat, yaitu filsafat antropologis. Pandangan filosofis tentang manusia memiliki dampak mendalam pada konsep dan praktik pendidikan. Karena sudut pandang filosofis menentukan nilai-nilai luhur yang sangat dihargai oleh seorang pendidik atau bangsa yang mempraktikkan pendidikan.
Nilai-nilai ini dianggap sebagai norma untuk menentukan karakteristik manusia yang harus dicapai melalui praktik pendidikan. Nilai-nilai tidak hanya diperoleh dari praktik dan pengalaman pendidikan, tetapi juga diperoleh secara normatif dari norma-norma komunitas, norma-norma filosofis dan pandangan hidup, bahkan dari kepercayaan agama yang diwakili oleh seseorang.

Pendidikan sebagai ilmu teori dan praktis
Dalam ilmu mendidik teori, masalahnya disusun sebagai pola pikir pedagogis. Jadi, secara teoritis kumpulkan ide-ide dari praktik pedagogis. Ide-ide teoretis ini disusun dalam suatu sistem pendidikan yang biasa disebut sebagai ilmu pendidikan teoretis.
Ada hubungan antara ilmu pengajaran teori, sistematis dan historis. Apa yang bisa disumbangkan oleh sejarah pendidikan pada teori dan praktik pendidikan? Meskipun ilmu pengajaran sistematik mendahului ilmu pengajaran sejarah, ilmu pengajaran sejarah juga memberikan dukungan dan memperkaya ilmu pengajaran sistematis.

sumber :