MEMAHAMI PENDIDIKAN
Categories:

MEMAHAMI PENDIDIKAN

MEMAHAMI PENDIDIKAN

MEMAHAMI PENDIDIKAN
belantaraindonesia.org Pendidikan adalah upaya sadar dan terencana untuk menciptakan suasana belajar dan pembelajaran di mana siswa secara aktif mengembangkan potensi mereka untuk memiliki kekuatan spiritual, kontrol diri, kepribadian, kecerdasan, karakter mulia dan keterampilan yang mereka dan mereka sendiri miliki dengan kebutuhan masyarakat. Pendidikan melibatkan pengajaran keterampilan khusus dan juga sesuatu yang tidak bisa dilihat tetapi berjalan lebih dalam, yaitu penyediaan pengetahuan, pertimbangan dan kebijaksanaan. Salah satu fondasi terpenting dari pendidikan adalah mengajarkan budaya lintas generasi. Kehidupan suatu bangsa sangat erat kaitannya dengan tingkat pendidikan. Pendidikan bukan hanya tentang melestarikan budaya dan meneruskannya dari generasi ke generasi, itu juga diharapkan untuk mengubah dan mengembangkan pengetahuan.
Pendidikan tidak hanya menanamkan keterampilan yang dikenal, tetapi harus dapat memprediksi berbagai jenis keterampilan dan kemampuan sementara pada saat yang sama menemukan cara yang cocok dan cepat sehingga siswa dapat menguasainya.
Pendidikan adalah upaya yang disengaja dan disengaja untuk meningkatkan pengembangan potensi dan kemampuan anak untuk mempromosikan minat hidupnya sebagai individu dan sebagai warga negara / masyarakat dengan memilih konten (materi), strategi kegiatan, dan teknik penilaian yang sesuai. Dari sudut pandang perkembangan anak, upaya yang disengaja dan terencana harus mendukung anak-anak dalam pemenuhan dan implementasi tugas-tugas perkembangan yang mereka alami dalam setiap periode perkembangan. Dengan kata lain, pendidikan memainkan peran besar dalam keberhasilan perkembangan anak.
Branata (1988) mengungkapkan bahwa pendidikan adalah upaya langsung atau tidak langsung yang ditargetkan untuk membantu anak-anak dalam perkembangan mereka mencapai kematangan. Pendapat di atas sejalan dengan Purwanto (1987: 11) bahwa pendidikan adalah pedoman yang orang dewasa dengan sengaja memberi anak-anak untuk berguna dalam pertumbuhan mereka (secara fisik dan spiritual) untuk diri mereka sendiri dan untuk masyarakat.
Kleis (1974) menawarkan batasan umum bahwa:
“Pendidikan adalah pengalaman dari pengalaman ini. Seseorang atau sekelompok orang dapat memahami sesuatu yang tidak mereka mengerti sebelumnya. Pengalaman ini terjadi karena seseorang atau kelompok berinteraksi dengan lingkungannya. Interaksi ini menyebabkan proses perubahan pada orang (belajar) dan kemudian proses perubahan mengarah pada pengembangan (pengembangan) untuk kehidupan seseorang atau kelompok di lingkungan mereka. “