Pengertian-Benda,-Jenis,-Perubahan,-Fungsi-dan-Jenis
Categories:

Pengertian Benda, Jenis, Perubahan, Fungsi dan Jenis

Avatar image of
Posted by admin

Definisi benda

Objek adalah segala sesuatu yang memiliki bentuk. Benda dibedakan menjadi benda mati dan makhluk hidup. Benda mati bisa disebut sebagai benda atau zat. Benda ada tiga jenis berdasarkan bentuknya yaitu padat, cair dan gas. Apa sifat dari masing-masing benda ini?

 

Pengertian-Benda,-Jenis,-Perubahan,-Fungsi-dan-Jenis

 

Berikut Ini Telah Kami Kumpulkan Yang Bersumber Dari Laman https://officialjimbreuer.com/ Yang Akhirnya Saya Tuliskan Disini.

Jenis objek

1. Objek tetap

 

Benda padat adalah benda dengan volume tetap. Bentuknya tidak tergantung pada wadahnya. Misalnya pensil yang diletakkan di kaca atau di lantai memiliki bentuk yang kokoh. Kita bisa memegang benda padat dengan segera. Benda padat lebih keras dari pada cairan dan gas. Benda padat memiliki berbagai bentuk, ada yang persegi, bulat, oval, dan jajaran genjang. Contoh benda padat adalah buku, meja, tas, gelas, dan botol minum. Meski memiliki bentuk padat, ada benda padat yang bisa berubah bentuk. Benda padat ini lembut seperti tanah liat.

2. Benda cair

Benda cair adalah benda dengan volume tetap. Bentuknya mengikuti bentuk wadah. Kita bisa menahan benda cair secara instan. Cairan juga bisa mengalir. Contoh cairan adalah air, minyak tanah, sirup, minyak goreng, dan susu. Coba tuangkan air ke dalam botol. Bentuk airnya pasti mengikuti bentuk botol ya? Tuang air di dalam botol ke dalam gelas. Bagaimana air sekarang? Bentuknya berubah secara alami sesuai dengan bentuk kacanya. Begitu juga jika air dituang ke dalam mangkok. Bentuk air mengikuti bentuk mangkuk. Coba ingat-ingat saat Anda menuangkan air dari botol ke dalam gelas. Air mengalir dari botol ke dalam gelas, bukan? Ini terjadi karena botol lebih tinggi dari gelas. Jadi cairan mengalir dari tempat yang lebih tinggi ke tempat yang lebih rendah

3. Benda gas

Benda gas tidak bisa dipegang, tapi Anda bisa merasakan kehadirannya. Besar kecilnya benda gas dapat berubah tergantung dari ukuran dan bentuk lokasinya. Benda gas yang dipompa ke dalam ban berbentuk ban. Benda gas yang ditiupkan ke dalam balon berbentuk seperti balon. Secara umum, gas tidak memiliki warna atau bau. Misalnya, udara yang kita hirup setiap detiknya adalah udara baik yang tidak berwarna dan tidak berbau. Namun ada juga yang menjadi warna dan bau yaitu adanya gas dalam belerang dan asap.

Perubahan alam

1. Perubahan karena pemanasan

Semua benda bisa mengalami perubahan di alam, yaitu melalui pemanasan, pembakaran atau sekadar di ruang terbuka. Yuk simak materi berikut ini. Ganti dari pemanas Apakah Anda pernah menyalakan lilin? Api membakar sumbu yang ada di dalam lilin, menciptakan panas. Kemudian, saat lilin meleleh, lilin padat menjadi cair dengan pemanasan. Saat Anda merebus air, benda cair seperti air berubah menjadi gas karena pemanasan yang terjadi.

2. Perubahan karena terbakar

Awalnya korek api terbuat dari kayu. Setelah terbakar, korek api berubah menjadi arang. Bentuknya tidak lagi lurus, melainkan bengkok atau bahkan hancur menjadi bubuk. Warna korek api juga berubah. Batang ini awalnya berwarna kuning kecoklatan kemudian berubah menjadi hitam. Penembakan mengubah warna dan bentuk objek.

3. Perubahan karena ditempatkan di luar ruangan

Benda yang diletakkan di luar ruangan bisa mengalami perubahan alam. Pernahkah Anda mengamati kamper terbuka? Kapur barus biasanya ditempatkan di lemari. Kapur barus menghilangkan bau yang tersumbat di lemari pakaian. Digunakan pertama kali, kapur barus padat. Seiring waktu, kapur barus akan semakin mengecil dan akhirnya habis. Ini karena kapur barus telah berubah bentuk dari padat menjadi gas. Perubahan bentuk ini disebut sublimasi. Sublimasi disebabkan oleh suhu udara yang lebih tinggi dari suhu kamper.

Fungsi benda bagi manusia

Dalam aktivitas sehari-hari kita tidak lepas dari keberadaan benda. Kami membutuhkan objek untuk melakukan berbagai pekerjaan kami. Misalnya saat kita makan kita membutuhkan sendok dan piring. Untuk menulis kita membutuhkan pensil atau pulpen dan buku catatan. Setiap benda memiliki banyak kegunaan bagi kita. Kegunaan suatu benda tergantung dari bentuk dan asal bahannya. Berdasarkan asal muasalnya, benda dibedakan menjadi empat jenis. Disini kita belajar satu persatu.

Fungsi benda bagi manusia

Dalam aktivitas sehari-hari kita tidak lepas dari keberadaan benda. Kami membutuhkan objek untuk melakukan berbagai pekerjaan kami. Misalnya saat kita makan kita membutuhkan sendok dan piring. Untuk menulis kita membutuhkan pensil atau pulpen dan buku catatan. Setiap benda memiliki banyak kegunaan bagi kita. Kegunaan suatu benda tergantung dari bentuk dan asal bahannya. Berdasarkan asal muasalnya, benda dibedakan menjadi empat jenis. Disini kita belajar satu persatu.

Jenis objek

1. Plastik

Barang berbahan plastik umumnya ringan. Bentuk berbeda dan tahan air. Beberapa fleksibel, sementara yang lain kaku tergantung ketebalannya. Contoh barang dari plastik adalah helm, gelas, bola, sisir, dan tas

2. kayu

Kayu adalah salah satu bahan yang paling umum digunakan untuk membuat benda. Misalnya meja, kursi, lemari, pintu dan jendela. Kayu banyak digunakan karena mudah didapat. Kayu juga mudah dibentuk menjadi berbagai jenis benda. Pada umumnya benda yang terbuat dari kayu berwarna coklat. Namun, saat ini banyak kayu yang telah dicat. Warna tidak hanya mempercantik kayu, tetapi juga melindunginya dari kerusakan.

3. gelas

Kaca memiliki beberapa keunggulan dibandingkan bahan lainnya. Benda kaca umumnya terlihat bening, atau dengan kata lain transparan. Misalnya kaca mobil. Dengan kaca depan, kita bisa melihat pemandangan di luar mobil tanpa terganggu angin dan debu. Begitu juga dengan rumah kaca dan jendela kelas. Sinar matahari bisa menembus kaca dan menerangi interior ruangan. Kaca juga bisa digunakan sebagai bahan membuat kaca, piring, dan cermin dekoratif

4. Kertas

Tentu Anda sering berdiri di depan kertas. Buku catatan Anda terbuat dari kertas, bukan? Tentu saja, Anda juga membuat mainan dari kertas. Misalnya mainan berupa pesawat terbang, perahu, angsa dan katak. Kertas sebenarnya terbuat dari kayu. Untuk menjadi kertas, kayu terlebih dahulu diolah dengan cara yang rumit.

Lihat Juga: Call Center BPJS