pengertian-desain
Categories:

Pengertian Desain Adalah, Jenis, Unsur, Prinsip, Fungsi

Avatar image of
Posted by admin

Definisi desain

pengertian-desain

Secara umum definisi desain ini adalah desain atau rencana yang kemudian dieksekusi sebelum orang tersebut membuat sistem, objek, struktur, dan komponen.

Pendapat lain kemudian mengatakan bahwa konsep desain adalah suatu proses perencanaan atau pembuatan suatu benda dengan tujuan agar benda yang dibuat dapat memberikan fungsi dan nilai guna, memiliki nilai, keindahan dan manfaat bagi kehidupan manusia.

Secara etimologis kata design berasal dari bahasa inggris design yang artinya design, design atau plan. Dalam proses desain, semua aspek penting seperti estetika, fungsi, dan segala macam aspek lainnya diperhitungkan melalui penelitian dan pemikiran manusia.

Kata “design” adalah kata baru dalam bahasa Indonesia dari bahasa Inggris: design. Memang, kata “desain” atau “mendesain” adalah terjemahan yang bisa atau bisa digunakan. Namun dalam perkembangannya, kata “desain” menggeser arti dari kata “desain” karena kata tersebut tidak dapat atau tidak dapat memperhitungkan aktivitas, keluasan keilmuan, dan prestise profesional atau kompetensi desain (Sachari, 2000).

Pahami desain menurut para ahli

Selain pendapat di atas, beberapa ahli juga memberikan pendapatnya tentang pengertian desain, sedangkan pengertian desain menurut para ahli adalah sebagai berikut:

Kamus Oxford

Menurut Oxford, yang dimaksud dengan desain adalah denah atau gambar yang kemudian dibuat untuk menunjukkan tampilan atau fungsi atau fungsi suatu bangunan, pakaian dan benda lain sebelum masuk ke proses pembuatan.

Bruce Nussbaum

Pendapat Bruce Nussbaum ini kemudian menyatakan bahwa istilah draf ini merupakan sarana untuk membantu pelaksanaan suatu inovasi dalam segala jenis fungsi usaha dan kegiatan atau kegiatan industri.

B Reswick

Menurut Reswick, istilah desain merupakan kegiatan kreatif yang melibatkan penciptaan sesuatu yang baru dan memiliki keunggulan lebih dari sebelumnya.

Coirul Amin

Coirul Amin kemudian mengemukakan bahwa yang dimaksud dengan desain ini adalah kerangka bentuk, motif, corak, corak, desain, yang kemudian diimplementasikan pada suatu benda.

Soekarno dan Lanawati Basuki

Menurut Soekarno dan Lanawati Basuki, pengertian desain ini merupakan pola desain yang menjadi dasar pembuatan suatu benda, misalnya gaun.

Dudy Wiyancoko

Menurut Dudy, desain ini ada kaitannya dengan konsep pembuatan, pembuatan prototipe, analisis data, penetapan biaya, perencanaan proyek, rendering, penggambaran, pengujian, dan pengujian bingkai.

Fungsi desain

Perancangan ini melibatkan seni terapan, arsitektur dan segala macam pencapaian kreatif lainnya, yang dalam hal ini menyangkut penataan grafik, ukuran bentuk, warna dan nilai suatu benda berdasarkan prinsip-prinsip tertentu. Desain ini memiliki beberapa fungsi diantaranya sebagai berikut;

  • Sebagai sarana untuk kemudian meningkatkan pengetahuan manusia sehingga nantinya lebih memahami bentuk tatanan, komposisi, ruang, gambar lapangan, konfigurasi, nilai, dll.
  • Sebagai wadah agar penampakan suatu objek dapat diakses oleh masyarakat berdasarkan gambaran atau situasi
  • Sebagai sarana bagi para desainer untuk menyampaikan gagasan atau karya kreasinya.
  • Sebagai alat saat membuat objek tertentu

Tujuan desain

Setelah membahas tentang konsep desain dan fungsi dari desain itu sendiri, mari kita lanjutkan ke pembahasan tujuan dari membuat sebuah desain. Seperti yang telah dibahas atau dijelaskan di atas, fungsi utama dari perancangan ini adalah untuk membantu orang dalam mendesain suatu objek agar nantinya dapat berguna bagi manusia.

Secara garis besar, beberapa tujuan dalam membuat desain adalah sebagai berikut:

  • Membuat objek, sistem, komponen, atau struktur yang berguna bagi manusia.
  • Desain ini merupakan kombinasi elemen teknologi dan artistik yang dirancang untuk menciptakan keamanan, keindahan, dan kenyamanan.
  • Menciptakan sesuatu yang dapat atau dapat meningkatkan efisiensi, produktivitas dan kualitas hidup masyarakat.
  • Sehingga masyarakat mengetahui keterampilan dan keterbatasan apa yang mereka miliki dan apa yang mengelilinginya.

Prinsip desain

Kemudian pada saat membuat desain, beberapa prinsip dasar harus diperhatikan agar karya desain tidak sesuai dengan definisi desain yang sudah atau sudah dijelaskan sebelumnya. Di bawah ini adalah prinsip desain yang meliputi:

  • satuan
  • keseimbangan
  • tugas
  • irama
  • bingkai
  • hubungan

Metode desain

Selain memahami pentingnya desain, Anda perlu memahami metode pembuatan desain. Metode desain ini adalah cara seorang desainer membuat objek dari desainnya. Ada beberapa cara yang bisa atau bisa dilakukan, yaitu sebagai berikut;

Meledak

Ini adalah metode desain yang menggunakan pemikiran kritis sebagai inspirasi untuk menciptakan desain yang belum pernah ada sebelumnya.

Penemuan tren

Ini adalah metode desain yang membuat desain berdasarkan tren saat ini.

Phototyping

Ini adalah metode desain dengan mengubah atau menyempurnakan desain leluhur yang telah atau telah diwariskan.

administrasi

Ini adalah desain di mana desain dibuat secara berkelanjutan dan berkelanjutan.

Menyegarkan

Ini adalah metode desain yang mengubah desain yang sudah ada atau yang sudah ada menjadi sesuatu yang berbeda dan lebih baik dari sebelumnya.

Jenis desain

Secara umum jenis desain ini dapat atau dapat dibedakan menjadi dua jenis. Berkaitan dengan definisi desain di atas, berikut adalah jenis-jenis desain yang meliputi;

Desain terstruktur

Ini adalah desain yang kemudian mendeskripsikan bentuk suatu objek atau objek tertentu yang terdiri dari beberapa elemen desain seperti ukuran, warna, bentuk, susunan garis, dll.

Desain yang rumit

Ini adalah desain yang dikembangkan secara khusus untuk menambah dekorasi pada suatu objek. Tujuan desain dekorasi adalah untuk meningkatkan keindahan dan kualitas desain struktur objek yang ada.

Cabang ilmu desain

Desain dapat atau dapat menghasilkan berbagai macam produk mulai dari benda fisik hingga barang sekali pakai seperti pakaian, peralatan rumah tangga, kerajinan tangan, dll. Tidak seperti semua jenis benda ini, desain juga digunakan untuk membuat benda lebih psikis, seperti: B Untuk menciptakan kenyamanan visual dalam tampilan antar muka website, aplikasi ponsel, dll. Arsitektur dan interior dapat atau dapat menjadi produk dari proses desain.

Karena ragam hasil sangat besar, desain dapat atau dapat diteruskan ke beberapa cabang ilmu. Di bawah ini adalah perincian ke dalam beberapa bidang desain, termasuk:

Desain grafis (desain komunikasi visual)

Ini adalah cabang ilmu desain yang kemudian memprioritaskan komunikasi visual yang diciptakannya. Desain grafis harus menghasilkan komunikasi yang menawarkan kenyamanan sensorik dan juga melayani massa dengan baik.

Desain produk (desain industri)

Desain produk ini kemudian berfokus pada fungsionalitas dan juga tampilan benda bekas, yang kemudian diproduksi secara industri. Selain keindahan tampilan, fokus ini juga menuntut seorang desainer untuk memperhatikan ergonomi atau kenyamanan fisik dari objek yang akan dibuat.

Desain interiornya

Desain interior ini kemudian menitikberatkan pada mendesain interior suatu ruangan di dalam gedung. Furnitur apa yang kemudian harus disediakan dalam sebuah ruangan, bagaimana dengan tata letaknya, dll. Desain interior harus dapat mengefektifkan penggunaan ruang yang telah atau telah diciptakan oleh desain arsitektural.

Desain arsitektur

Cabang ilmu desain yang berfokus pada perencanaan bangunan. Karena terlalu banyak aspek teknis bangunan, disiplin ini umumnya tidak memiliki embel-embel desain di depannya.

Di bawah ini adalah contoh desain seperti ini

Desain grafis (desain komunikasi visual)

Ini adalah cabang ilmu desain yang kemudian memprioritaskan komunikasi visual yang diciptakannya. Contohnya adalah sebagai berikut:

Desain produk (desain industri)

Desain produk ini kemudian berfokus pada fungsionalitas dan juga pada tampilan benda bekas, yang kemudian diproduksi secara industri. Contoh desain produk adalah:

Desain perlengkapan interior

Desain interior ini kemudian menitikberatkan pada mendesain interior suatu ruangan di dalam gedung. Contoh desain interior adalah sebagai berikut:

Desain arsitektur

Cabang ilmu desain yang berfokus pada perencanaan bangunan. Contoh desain arsitektur adalah sebagai berikut:

Demikian penjelasan pengertian desain, cabang, jenis, metode, tujuan, fungsi, dan contoh, semoga apa yang sedang dijelaskan dapat bermanfaat bagi anda. Terima kasih

Sumber :