Pers-adalah-sejarah-perkembangan-fungsi-peran-karakteristik-tipe
Categories:

Pers adalah: sejarah, perkembangan, fungsi, peran, karakteristik, tipe

Avatar image of
Posted by admin

Definisi pers
Buka baca cepat

Istilah “pers” berasal dari bahasa Belanda yang artinya pers dalam bahasa Inggris. Pers secara harfiah berarti cetak dan secara harfiah berarti siaran atau publikasi cetak. Dalam perkembangannya, pers memiliki dua pengertian, yaitu pers dalam pengertian luas dan pers dalam pengertian sempit. Dalam pengertian yang luas, pers mencakup segala media komunikasi massa, seperti radio, televisi, dan film, yang fungsinya untuk menyampaikan atau menyebarkan informasi, berita, gagasan, pemikiran, atau perasaan seseorang atau sekelompok orang kepada orang lain.

Pers-adalah-sejarah-perkembangan-fungsi-peran-karakteristik-tipe

Jadi ada istilah-istilah terkenal seperti jurnalisme radio, jurnalisme televisi, jurnalisme pers. Dalam pengertian sempit, pers diklasifikasikan hanya sebagai produk penerbitan yang sedang melalui proses pencetakan, seperti B. surat kabar harian, majalah mingguan, majalah setengah bulanan, dan lain-lain yang disebut sebagai media cetak. Posisi pers memiliki dua sisi: pertama, media komunikasi tertua di dunia, dan kedua, pers, sebagai pranata sosial atau pranata sosial, merupakan bagian integral dari masyarakat dan bukan alien serta unsur yang terpisah darinya. . Dan sebagai lembaga masyarakat itu mempengaruhi dan dipengaruhi oleh lembaga masyarakat lainnya.
Menurut para ahli, pahami pers

Berikut beberapa pendapat para ahli mengenai pers, yaitu sebagai berikut:

1. Menurut Wilbur Schramm dkk. Dalam bukunya “Four Theories of the Press”

Pers adalah teori otoriter, libertarian, tanggung jawab sosial, dan komunis Soviet. Keempat teori tersebut terkait dengan satu definisi pers sebagai pengamat, pengajar, dan forum yang menyampaikan pandangannya terhadap berbagai persoalan yang muncul di tengah-tengah masyarakat.
2. Menurut Mc. Tulis Luhan dalam bukunya Understanding pada tahun 1996

Pers menghubungkan satu tempat dengan tempat lain dan pada saat yang sama menghubungkan acara dari satu sama lain.

3. Menurut Pers Nasional, Raden Mas Djokomono

Pers membentuk opini publik melalui tulisan di surat kabar. Pendapat inilah yang mengobarkan semangat para pejuang dalam memperjuangkan hak-hak bangsa Indonesia pada masa penjajahan Belanda.
Sejarah pers di Indonesia

Di bawah ini beberapa informasi tentang sejarah pers di Indonesia:

Sejarah pers kolonial

Pers kolonial adalah pers yang dibudidayakan oleh Belanda di Indonesia pada masa penjajahan / penjajahan. Pers kolonial memasukkan surat kabar, majalah dan surat kabar dalam bahasa Belanda, regional atau Indonesia untuk membela kepentingan penjajah Belanda.

Sejarah Pers Cina

Pers Tionghoa adalah pers yang dikelola oleh orang Tionghoa di Indonesia. Pers berbahasa Mandarin memuat surat kabar, majalah berbahasa Cina, Indonesia, atau Belanda yang diterbitkan oleh orang keturunan Cina.

Sejarah pers nasional

Pers Nasional adalah pers yang dijalankan oleh orang Indonesia, khususnya orang-orang dari Gerakan, dan diperuntukkan bagi orang Indonesia. Pers ini bertujuan untuk memperjuangkan hak-hak rakyat Indonesia pada masa penjajahan. Tirtohadisorejo atau Raden Djokomono, pendiri mingguan Medan Priyayi, yang tumbuh menjadi surat kabar harian sejak 1910, dianggap sebagai penggagas pers nasional.

BACA JUGA :