Categories:

Sensus Penduduk : Pengertian, Tujuan, Metode

Avatar image of
Posted by admin

Definisi sensus

sensus-penduduk

Definisi sensus adalah keseluruhan proses pengumpulan semua data demografis di suatu negara untuk seluruh populasi selama periode waktu tertentu. Waktu yang diperlukan untuk melakukan pencacahan berbeda-beda di setiap negara. Di Indonesia, pencacahan dilakukan setiap sepuluh tahun, sedangkan di beberapa negara lain, khususnya di negara industri maju pencacahan dilakukan setiap lima tahun. Pencacahan dilakukan oleh instansi resmi pemerintah tertentu. Di Indonesia misalnya, Badan Pusat Statistik (BPS) bertugas melakukan pencacahan. Selain di tingkat pusat juga terdapat BPS di tingkat provinsi dan kabupaten / kota.

Jenis sensus

Dalam pelaksanaannya, pencacahan terbagi menjadi dua jenis, yaitu pencacahan de jure dan juga pencacahan de facto.

  • Sensus de jure ini adalah sensus yang berdasarkan bukti hukum dari penduduk. Salah satu alat bukti yang sah adalah dengan adanya kartu identitas yang selanjutnya disingkat KTP.
  • Sensus de facto adalah survei penduduk yang dilakukan terhadap setiap orang yang ditemui petugas di suatu daerah, meskipun yang dipukul bukanlah penduduk daerah tersebut. Misalnya, Budi adalah penduduk resmi penduduk dan Bandung juga bertempat tinggal di sana, tetapi saat pencacahan, Budi berada di Medan. Oleh karena itu, petugas tersebut terdaftar sebagai warga Medan.

Tujuan sensus

Tujuan dari pencacahan ini adalah sebagai berikut:

  • Pengetahuan tentang pertumbuhan penduduk dari periode ke periode;
  • Pengetahuan tentang persebaran dan juga kepadatan penduduk di setiap wilayah;
  • Ketahui perbedaan karakteristik sosial dari penduduk. seperti tingkat kelahiran, kematian, dan migrasi serta segala macam faktor yang mempengaruhinya.

Metode sensus

Metode sensus meliputi:

1. Metode sensus rumah tangga.

Pada metode Householder, pengisian daftar pertanyaan tentang data kependudukan ditransmisikan ke penduduk atau juga ke responden, sehingga penduduk menerima daftar pertanyaan untuk diisi dan diambil beberapa waktu kemudian. Cara seperti itu hanya dapat digunakan di daerah yang tingkat pendidikan penduduknya relatif tinggi. Oleh karena itu, mereka dapat memahami dan menjawab semua pertanyaan yang diajukan.

2. Sensus dengan metode Canvaser.

Pada metode Canvaser, petugas sensus mengisi daftar pertanyaan data kependudukan dengan cara mengunjungi dan mewawancarai warga atau responden secara langsung. Petugas sensus mengajukan pertanyaan sesuai daftar dan penduduk yang dikunjungi juga dapat menjawab secara lisan tergantung situasi atau kondisi sebenarnya.

Demikian penjelasan tentang pengertian sensus, tujuan, metode dan jenisnya. Semoga apa yang telah dijelaskan diatas semoga bermanfaat bagi anda yang membaca Pendidikan.co.id. Terimakasih banyak.

Sumber :