smartphone-school
Categories:

Takut Salah Pilih Smartphone saat School From Home?

Avatar image of
Posted by admin

Takut Salah Pilih Smartphone Saat School From Home? Nah ini dia tipsnya

smartphone-school

Penggunaan perangkat teknologi seperti smartphone sangat penting untuk menunjang proses pembelajaran selama School From Home (SFH). Oleh karena itu, masyarakat harus cerdas dalam memilih smartphone agar kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dapat berjalan dengan baik dan lancar tanpa harus menguras dompet.

Dengan begitu banyak jenis smartphone, memilih yang terbaik untuk SFH bisa jadi rumit. Apalagi jika menyangkut harga. Namun, pada dasarnya menentukan pilihan smartphone yang paling tepat tidaklah sulit.

Jika Anda memilih dengan cermat, siapa pun dapat menemukan smartphone yang tepat dan memiliki harga yang ramah di kantong. Namun jika Anda masih kesulitan menemukan smartphone yang tepat, berikut beberapa tips yang mungkin berhasil.

Beli Smartphone Dengan Paket Bundling

Namanya juga belajar online, akses internet jelas sangat vital. Oleh karena itu, sebelum memilih smartphone, yang perlu diperhatikan adalah ketersediaan akses internet yang memadai. Untuk itu, akan lebih baik jika Anda membeli smartphone yang dilengkapi dengan paket bundling dari operator seluler.

Dengan paket bundling ini, pengguna bisa lebih hemat. Artinya, selisih uang yang digunakan untuk membeli smartphone yang tidak dilengkapi paket bundling dari operator seluler bisa digunakan untuk keperluan lain. Yang juga perlu diperhatikan adalah memilih operator seluler yang memiliki kualitas jaringan yang baik dan memiliki jangkauan yang luas.

Spesifikasi bukan yang utama

Untuk kebutuhan SFH, spesifikasi smartphone bukanlah alasan utama dalam memilih ponsel yang tepat. Itu karena untuk kebutuhan SFH, guru dan siswa tidak membutuhkan smartphone dengan smartphone kelas gaming.

Selain itu, tidak perlu smartphone dengan RAM besar, karena aplikasi SFH yang banyak digunakan seperti Google Classroom, Zoom dan Microsoft Teams dapat dijalankan di ponsel yang memiliki spesifikasi standar, bahkan kelas low end.

Asal kameranya jelas, gak usah pusing sama resolusinya

Karena fitur kamera sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran online ini, maka disarankan untuk memilih smartphone dengan kualitas kamera yang cukup baik. Namun bukan berarti smartphone harus memiliki resolusi hingga 108 MP. Selama itu cukup, itu sudah cukup.

Fitur kamera diperlukan untuk meningkatkan interaksi antara guru dan siswa saat kegiatan SFH berlangsung. Dan untuk memenuhi kebutuhan tersebut, resolusi kamera depan minimal 5MP sudah cukup untuk meningkatkan pengalaman selama kegiatan belajar virtual ini.

Harga terjangkau

Pandemi COVID-19 telah menghancurkan ekonomi dan membuat jutaan orang kehilangan pekerjaan. Oleh karena itu, bagi keluarga terdampak, memilih smartphone untuk belajar dari rumah harus benar-benar tepat.

Dari semua tips yang ada, yang terpenting tentunya harga smartphone yang sesuai dengan kantong Anda. Atau paling tidak, harganya bisa terjangkau dan tidak mengganggu pemenuhan kebutuhan lainnya.

Smartphone dengan harga terjangkau dan memiliki spesifikasi yang pas untuk pembelajaran online memang cukup langka. Namun, tentu juga bukan tidak mungkin. Salah satu solusi dihadirkan Samsung melalui program Spirit of Staying School.

Samsung memberikan kemudahan PJJ dengan bundling perangkat dengan jaringan internet mumpuni dalam program Samsung Spirit of Staying School. Disini Galaxy A01 Core bisa didapatkan hanya dengan Rp. 999 ribu untuk varian 1/16GB dan Rp. 1.149.000 untuk varian 2/32GB.

Pembeli akan mendapatkan bonus kuota internet hingga 24GB selama setahun dari Indosat Ooredoo hanya dengan mengisi ulang Rp. 20.000 setiap bulan. Bonus kuota ini tidak akan mengurangi jumlah pulsa yang telah diisi oleh pelanggan.

Bahkan pengguna bisa mendapatkan paket tambahan kuota internet IMClass sebesar 30GB hanya dengan membayar Rp1 yang berlaku untuk satu kali pembelian. Kuota IMClass dapat digunakan untuk mengakses berbagai aplikasi pembelajaran seperti Ruang Guru, Quipper, Sekolahmu, Rumah Belajar, Zenius serta akses ke situs 300 universitas di Indonesia.

Bagi orang tua tidak perlu khawatir karena di luar aplikasi, kuota internet IMClass tidak dapat digunakan untuk mengakses aplikasi atau situs lain.

Selain itu, program Samsung Spirit of Staying School juga tersedia melalui paket bundling Galaxy A01 dan Galaxy A11 yang dilengkapi dengan kuota internet dari Telkomsel. Masing-masing ditawarkan dengan harga spesial Rp1.249.000 untuk Galaxy A01 dan Rp1.899.000 untuk Galaxy A11.

Pembeli bisa mendapatkan kedua smartphone dengan kuota internet 48GB selama satu tahun dari Telkomsel. Triknya bayar Rp 32.000 per bulan dari harga normal Rp 64

Sumber :