Categories:

Teks Prosedur: Pengertian, Struktur, dan Ciri-cirinya

Avatar image of
Posted by admin

Definisi teks prosedur

Teks prosedur adalah suatu bentuk teks yang berisi langkah-langkah atau tahapan yang harus dipenuhi pada saat melakukan suatu kegiatan agar kegiatan tersebut dapat berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan, yang dapat menghambat kegiatan yang dilakukan hingga gagal. Ada banyak aktivitas di sekitar kita yang harus dilakukan sesuai prosedur. Jika kita tidak mengikuti prosedur tersebut maka tujuan yang diharapkan tidak akan tercapai dan kita bisa disebut orang yang tidak mengetahui aturan.

Teks-Prosedur-Pengertian,-Struktur,-dan-Ciri-cirinya

Berikut Ini Telah Kami Kumpulkan Yang Bersumber Dari Laman belajar matematika dasar Yang Akhirnya Saya Tuliskan Disini.

 

Namun, langkah ini tidak dapat dibatalkan. Teks prosedur juga dibagi menjadi teks prosedur sederhana dan teks prosedur kompleks. Teks prosedural sederhana adalah teks yang berisi langkah-langkah singkat dan biasanya kurang dipahami oleh pembaca. Sedangkan teks prosedural kompleks adalah teks yang memuat langkah-langkah lengkap dan terarah agar mudah dipahami oleh pembaca.

Struktur teks prosedur

Sebuah teks prosedural disusun, yaitu:

tujuan

Berisi tujuan penulisan teks prosedur yang telah disiapkan dan berupa hasil akhir yang dicapai dengan membuat teks prosedur agar pembaca lebih tertarik dan lebih memahami dengan membaca teks prosedur. Tujuan penulisan teks prosedural adalah untuk membantu pembaca atau pendengar memahami bagaimana melakukan atau melakukan sesuatu dengan sangat tepat.

Langkah

Langkah-langkah merupakan jalur atau jalur yang harus ditempuh atau dilakukan untuk mencapai tujuan suatu kegiatan berdasarkan teks.

koneksi

Konjungsi atau konjungsi adalah kata atau ekspresi yang menggabungkan dua unit padanan bahasa: kata demi kata, frasa dengan frasa, klausa dengan klausa, dan kalimat dengan kalimat.
Keterangan waktu
Kata keterangan waktu adalah keterangan yang menunjukkan kapan suatu fenomena terjadi dalam suatu kalimat atau teks.

Baca juga artikel yang mungkin terkait: Memahami unsur struktural dan bahasa teks biografi
Karakteristik – properti teks prosedur

Berikut ini adalah fitur teks prosedur yang harus Anda ketahui:

Ada tujuan, langkah, dan kesimpulan.
Gunakan kalimat perintah atau imperatif untuk membantu pembaca mengikuti petunjuk dalam teks.
Gunakan klausa subjungtif sehingga awal dan akhir teks terkait
Gunakan kalimat langsung dan tidak langsung.
Gunakan saran dan batasan.
Penggunaan kriteria atau batasan tertentu.
Gunakan kata keterangan.
Berisi informasi.
Berisi langkah-langkah rinci
Misalnya jangan lupa untuk selalu menyirami bunga dengan akhiran -i dan -kan

Selain itu, baca artikel yang mungkin terkait: Contoh Teks Berita yang Baik dan Benar yang Paling Andal

Jenis teks prosedur

Ada tiga jenis badan prosedur, yaitu badan prosedur sederhana, kompleks, dan protokol.
Teks prosedur sederhana

Teks prosedur sederhana adalah teks yang berisi langkah-langkah sederhana yang biasanya hanya memerlukan 2 hingga 4 langkah, seperti: B. login ke Facebook.
Teks prosedur yang kompleks

Teks prosedur kompleks adalah teks yang berisi banyak langkah yang diperlukan untuk melakukannya. Misalnya, cara sambal balado, cara pengajuan kartu SIM, cara memperluas STNK, tata cara pembuatan KTP.
Teks prosedur protokol

Teks prosedur protokol adalah teks yang dapat diubah pada langkah apa pun. Tidak harus berurutan, meskipun berubah, tetapi hasil akhirnya tetap sama. Misal, jika kita memasak mie instan, kita bisa memasaknya dengan menambahkan mie dan bumbu ke dalam air rebusan di dalam oven, atau kita bisa menambahkan air panas ke wadah yang berisi mie lalu menambahkan bumbu. Jenis kalimat dalam teks proses

Pada teks prosedural terdapat kalimat-kalimat yang merepresentasikan isi naskah yang memuat teks prosedural, antara lain klausa imperatif, klausa interogatif, dan klausa deklaratif.

Kalimat imperatif, yaitu kata-kata yang mengandung perintah atau larangan dalam pelaksanaan pelaksanaan yang dibahas.
Kalimat Introgatif, kalimat yang berisi pertanyaan dan fungsinya untuk menanyakan kepada pembaca siapa yang mengikuti langkah-langkah dalam kitab suci.
Kalimat deklaratif, kalimat yang berisi pernyataan yang fungsinya memberikan informasi tentang sesuatu yang perlu diketahui.

 

 

Lihat Juga : Soal dan pembahasan matematika dasar sbmptn