Trombosit-adalah-fungsi-fungsi-batasan-fungsi
Categories:

Trombosit adalah: fungsi, fungsi, batasan, fungsi

Avatar image of
Posted by admin

Trombosit adalah: fungsi, fungsi, batasan, fungsi

Definisi trombosit

Trombosit merupakan salah satu sel darah yang berperan sebagai proses pembekuan darah. Nama lainnya adalah trombosit. Trombosit memainkan peran yang sangat penting dalam terjadinya cedera atau kebocoran pembuluh darah. Untuk jumlah normal trombosit dalam tubuh manusia adalah 150.000-400.000 trombosit per mikroliter darah.

Trombosit-adalah-fungsi-fungsi-batasan-fungsi

Ketika seseorang memiliki jumlah trombosit kurang dari 150.000, atau bahkan kurang dari biasanya, itu disebut trombositopenia, sedangkan trombositosis lebih dari 400.000 disebut trombositosis. Umur trombosit dalam darah hanya sekitar 5-9 hari. Trombosit lama dan rusak dikeluarkan dari aliran darah oleh limpa dan kemudian diganti dengan trombosit baru.

Fungsi trombosit

Seperti disebutkan sebelumnya, fungsi utama trombosit, atau trombosit, adalah untuk membekukan darah. Saat pembuluh darah terluka atau bocor, tubuh segera melakukan tiga mekanisme utama untuk menghentikan pendarahan yang terus-menerus, yaitu:

Lakukan kontraksi (kerutan) pada bagian pembuluh darah yang terluka.
Aktivitas komponen pembekuan darah lainnya pada plasma darah.

Aktivitas trombosit.

Jika tubuh berubah maka akan segera dikenali dan akan terjadi perdarahan. Reaksi utama yang dirasakan tubuh adalah mengecilkan pembuluh darah yang terluka. Tujuan ini tercapai agar darah yang bocor menjadi lebih sedikit karena lubang kebocoran (darah) lebih kecil.

Reaksi seperti itu memicu trombosit yang menempel di area pembuluh darah yang terluka. Trombosit segera memberi sinyal trombosit lain dan berbagai faktor pembekuan darah untuk memasuki area cedera, yang dapat membantu menutup luka.
Bagaimana trombosit bekerja
1. Adhesi trombosit

Ini adalah perlekatan antara trombosit dan jaringan endotel, dan jaringan yang terluka segera ditutup oleh luka di pembuluh darah.
2. Agregasi trombosit

Ini adalah kemampuan trombosit untuk mengikat bersama untuk membentuk penyumbatan.
3. Pengangkatan trombosit

Ini adalah reaksi untuk membentuk steker trombosit yang stabil. Jenis proses ini dipicu oleh pelepasan isi butiran trombosit, yang meliputi ADP, kolagen, epinefrin, dll.
4. Fusi trombosit

Ini adalah kombinasi reaksi trombosit yang tidak dapat diubah. Proses seperti itu dipicu oleh ADP tingkat tinggi dan komponen lain yang dilepaskan sebagai hasil dari reaksi pelepasan.
Keterbatasan fungsi trombosit

Pembekuan trombosit yang terus menerus dapat menyebabkan penyumbatan total pembuluh darah. Ini sangat berbahaya bagi tubuh karena trombosit dapat melepaskan bahan yang membatasi area pembekuan. Bahan utama yang melakukan fungsi ini adalah platelet A2, yang disebabkan oleh penghalang platelet.

Jaringan yang terluka juga dapat melepaskan Protasiklik I2, yang melawan tromboksan A2. Tujuannya agar jaringan yang terluka masih memiliki trombosit yang aktif. Kedua komponen ini bekerja secara seimbang sehingga trombosit dapat melindungi luka dan tidak membentuk gumpalan yang berlebihan di area luka.
Struktur trombosit

Trombosit berukuran sekitar 1 hingga 4 mikron memiliki bagian sel berbentuk pelat, dan trombosit tidak memiliki inti. Meski tidak memiliki inti, trombosit masih dapat mensintesis protein yang mengandung RNA di dalam sitoplasma mereka. Diameter sel berkisar antara 2-3 mikro.
Lihat juga: Kewirausahaan adalah
Proses pembentukan trombosit

Proses pembentukan dan perkembangan semua sel darah oleh nenek moyang induknya dikenal sebagai hemopoiesis. Pada sel darah pada orang dewasa, itu dibuat di sumsum tulang, sedangkan selama periode janin, hemopoiesis terjadi di kuning telur, setelah itu berpindah ke hati dan limpa, dan akhirnya ke tulang.

Pembentukan trombosit dikenal sebagai megakaryopoiesis karena hasil fragmentasi sumsum tulang dari sitoplasma megakariosit. Prekursor megakriosit-megakarioblas yang dihasilkan dari proses diferensiasi sel hemopoietik asli.

 

 

LIHAT JUGA :

http://41914110003.blog.mercubuana.ac.id/bokeh/

https://syifa.student.ittelkom-pwt.ac.id/bokeh/

https://www.sudoway.id/bokeh/

http://serisekarsari.bm.uma.ac.id/2021/03/01/alight-motion-pro/

http://serisekarsari.bm.uma.ac.id/2021/03/01/aplikasi-efek-bokeh/

http://41914110003.blog.mercubuana.ac.id/alight-motion-pro-apk/

https://syifa.student.ittelkom-pwt.ac.id/alight-motion-pro/

http://rosdiana.stkipdamsel.ac.id/bokeh/

http://ayurf.blog.unjaniyogya.ac.id/bokeh/

http://pgpaud.fip.unp.ac.id/10-aplikasi-video-bokeh-android/