Virus-adalah-Pengertian-Sejarah-Struktur-Sifat-Bentuk
Categories:

Virus adalah: Pengertian, Sejarah, Struktur, Sifat, Bentuk

Avatar image of
Posted by admin

Virus adalah: Pengertian, Sejarah, Struktur, Sifat, Bentuk

Definisi virus

Secara sederhana hal ini berarti bahwa istilah virus dengan uraian yang hanya sangat sederhana adalah anisme non seluler yang terdiri dari subunit protein, juga sangat kecil dan mempunyai sifat parasitic obligat intraseluler (“hidup” hanya pada sel hidup).

Virus-adalah-Pengertian-Sejarah-Struktur-Sifat-Bentuk

Kata “hidup” yang dimaksud di atas tidak sama dengan kata “hidup” untuk makhluk seluler, baik itu uniseluler seperti bakteri atau multiseluler seperti manusia. Kata “hidup” untuk virus ini dikurangi atau direduksi untuk menyatukan bahan organik di dalam sel inang (di mana ia bersembunyi) untuk mereproduksi dirinya sendiri. Ini juga melibatkan pemecahan sel inang, kemudian menginfeksi sel inang, dan menghasilkan senyawa tertentu.

Untuk dapat menjelaskan virus biologis kepada kami secara lebih rinci, kami akan membahas strukturnya.
Sejarah virus

Menurut ahli biologi, virus adalah organisme peralihan antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup. Konon virus memiliki sifat makhluk hidup seperti DNA (asam deoksiribonukleat) dan dapat berkembang biak di dalam sel hidup. Berbeda dengan protoplasma, ia memiliki sifat tak bernyawa dan bisa berbentuk kristal.

Di antara yang menemukan virus tersebut adalah D. Ivanoski (1892) pada tembakau, disusul oleh M. Beijerinck (1898), Loffern dan Frooch (1897) untuk menemukan penyebab penyakit mulut dan kaki (food and mouth disease) virus dan untuk memisahkan. Reed (1900) berhasil menemukan virus. Demam kuning, Twort dan Herelle (1917), penemu bakteriofag Wendell M. Stanley (1935), berhasil mengkristalkan mozaik virus dalam tembakau. Pengetahuan tentang virus terus berkembang hingga cabang biologi yang mempelajari virus dikenal sebagai virologi.
Struktur virus

Oke, banyak sekali jenis virus, dari heliks, ikosahedral, berkembang biak, membungkus, atau kompleks. Jadi mari kita ambil jenderal. Virus T atau bakteriofag. Virus bakteriofag ini berbentuk seperti laba-laba. Virus yang utuh (yaitu memiliki kepala, ekor, ekor berbentuk tabung, dan juga kaki) dikenal sebagai virion (walaupun ada banyak bentuk virus yang lebih aneh dari berbagai jenis). Ada pula materi genetik (pusat informasi keturunan) di kepala virus T-phag, yang dilindungi oleh selubung protein, sering disebut kapsid. Kapsid terdiri dari subunit kecil (terdiri dari protein) yang disebut kapsomer. Nukleokapsid adalah istilah yang digunakan untuk unit dasar asam nukleat dan selubung protein pada virus.

Tabung dalam virus fag T dapat digunakan untuk memasukkan materi genetik ke dalam sel inang selama proses infeksi virus. Dalam kondisi yang tepat, virus ini mulai berkembang biak di sel inang dan kemudian meledakkan sel inang. Jeda waktu setelah infeksi dan permulaan ‘penataan ulang dan penggandaan’ virus sering disebut sebagai masa inkubasi.

Ukuran virus adalah ukuran nanometer (nm) lho, 1 nanometer sama dengan 1 per 1.000 mikrometer, yaitu 1/1000000 mm. Kisaran, atau bahkan kisaran ukuran tubuh, virus biasanya 20-450 nm. Namun virus terbesar yang pernah ditemukan berdiameter 500 nm dan panjang 700-1000 nm. Jika Anda bertanya bagaimana mereka dapat mengukurnya, mereka mengukurnya. Peneliti melakukannya dengan menggunakan metode sentrifugasi berkecepatan sangat tinggi.

Properti virus

Virus ini dapat dikenali dari ciri-ciri sebagai berikut: Pertama, virus ini berukuran sangat kecil, sekitar 20 sampai 300 milimikron. Kedua, virus tidak memiliki sel atau acesulers.

Ketiga, sebagian besar virus ini berbentuk kristal atau kristal. Keempat, virus bisa berbentuk oval, silindris, kompleks atau polihedral; kelima, mereka hanya memiliki satu asam nukleat. Keenam, tidak bisa berpisah dan bergerak. Ketujuh, dapat hidup di semua jenis sel hidup di mana pun

 

LIHAT JUGA:

 

https://imii.co.id/
https://apartemenjogja.id/
https://bingo.co.id/
https://youtubers.id/
https://lakonlokal.id/
https://pesantrenkilat.id/
https://sorastudio.id/
https://balikpapanstore.id/
https://excite.co.id/
https://technicracy.com/